September 29, 2013

Far away… This ship is taking me far away… Far away from the memories of the people who care if I live or die…

Sumber gambar: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhVS_LBLh4JYvgJN3E_dfgcp4xuE6cd1LB484kOgrGyxDYpL2NbqDxpPJM-NqRjL38FP1ZuPA_A0QC8k6vCMCXGwWb8MYZ78VM2khirIA3t7AfbPrt9yQvVlUdvZD81V0Y_Zbx8TABnxCqS/s1600/man_on_beach_500w.jpg

Potongan lirik lagu Starlight dari Muse di atas mungkin bisa menggambarkan apa yang saya fikirkan saat ini. Terbawa oleh kapal yang saya naiki entah kemana. Jauh ke arah yang tak menentu dibandingkan kapal-kapal lainnya. Bagaimana tidak? Ketika teman-teman saya sudah one step ahead in front of me, saya malah masih jalan di tempat. Salah satu teman saya sudah sejak semester 7 silam mengajar di sebuah sekolah menengah pertama sebagai guru honorer. Sebuah hal yang terasa amat sulit untuk saya capai, setidaknya untuk saat ini. Teman saya satu lagi (sebut saja namanya Mawar) telah diangkat menjadi asdos di lembaga yang selama 4 tahun terakhir ini saya menimba ilmu di sana. Dua orang teman saya malah ada yang sudah daftar ke Pasca Sarjana untuk melanjutkan studinya hingga S-2. Untuk contoh yang terakhir saya tidak mau banyak komentar karena memang saya tidak punya niatan untuk langsung lanjut S-2. Karena selain masalah biaya, juga karena saya memang ingin kerja terlebih dahulu, S-2 bisa lain waktu. Ibarat mereka sudah membangun gedung hingga lantai ke-3, saya malah masih bingung mencari bahan untuk membuat pondasi.

Bukannya iri terhadap mereka tetapi lebih kepada menyalahkan diri sendiri yang selalu tidak mampu mengejar. Ya, dalam segala hal dan setiap waktu, saya memang selalu tertinggal dibanding teman-teman sebaya saya dari dulu hingga sekarang. Entah apa penyebabnya, yang pasti itu seperti sudah menjadi bad behavior bagi saya. Sebagai contoh, ketika jaman saya kecil dulu sedang heboh-hebohnya permainan mobil balap kecil yang bernama Tamiya, saya sama sekali tidak tertarik. Tapi ketika animo ketertarikan orang-orang terhadap Tamiya tersebut mulai menurun, saya malah mulai suka dan mulai membeli mobil mini tersebut beserta asesorisnya yang berharga mahal yang membuat saya rela untuk tidak jajan selama seharian. Padahal saat itu usia saya kelas 1 SMP dimana teman sebaya saya sudah beralih ke permainan PS2. Begitu juga kelanjutannya, ketika teman-teman lain sudah lancar bermain PS2 saya malah baru mulai belajar bagaimana cara mengoper dan menendang bola di game Winning Eleven.

Hal-hal semisal di atas terus berlangsung dan banyak sekali contohnya. Misalnya lagi, ketika SMA, teman-teman seusia saya sudah memiliki handphone, saya malah masih menggunakan telepon rumah untuk berkomunikasi. Ketika handphone mereka sudah diupgrade menjadi HP yang ada mp3 playernya, saya malah baru memiliki HP yang cuma bisa menyetel radio, tanpa mp3 player, tanpa kamera, itupun boleh dapat dari hadiah. Di saat teman sebaya telah fasih lagu-lagu berbahasa Inggris, saya malah baru mulai menyukainya. Ketika kuliah, disaat teman-teman telah mulai mengajar di tempat-tempat les bahkan sejak semester 1 kuliah, saya malah baru memulai ngajar ketika semester 4. Ketika orang-orang memiliki BB sebagai alat komunikasi sekaligus gengsi, saya malah masih memakai HP china. Ketika android sedang merajalela, saya malah masih menggunakan BB yang bisa dibilang bukan sebuah smartphone lagi ini. Why always left behind?

Sumber gambar: http://www.matbarton.com/

Sejak kecil memang saya tidak begitu akrab dengan dunia luar. Mengurung diri di rumah dengan menonton film kartun sudah seperti rutinitas yang wajib bagi saya ketika kecil. Paling-paling main dengan teman lingkungan rumah ketika hari Sabtu dan Minggu aja. Ibarat peribahasa, seperti katak dalam tempurung. Sikap ayah saya yang tidak teralu pandai dalam mengarahkan anaknya demi meraih masa depan mungkin salah satu hal yang menjadi penyebabnya. Alih-alih mengarahkan anaknya bagaimana menghadapi hidup, beliau malah bersikap strict dan otoriter dengan begitu ketatnya mengawasi kegiatan anak-anaknya dalam bergaul dengan teman sebaya. Bisa memberi nafkah yang cukup bagi keluarga sudah merupakan sesuatu yang amat saya syukuri dan banggakan dalam diri ayah saya. Ibu saya terlalu sibuk dengan dua orang adik saya yang ketika itu masih mungil-mungil membuatnya tidak bisa fokus terhadap perkembangan diri saya yang dianggapnya sudah bisa mandiri. Memang merupakan sebuah ketidakberuntungan tumbuh di masa remaja yang masih labil dengan keadaan seperti itu, tapi mau bagaimana lagi, toh ketika lahir ke dunia ini kita tidak bisa memilih untuk lahir dalam keluarga yang kita inginkan begini dan begitu.

Contoh-contoh di atas mungkin tidak relevan, terlalu berlebihan atau bahkan menyedihkan. Tapi seperti yang saya bilang di awal bahwa saya tidak ingin menyalahkan siapapun, juga tidak ingin iri terhadap siapapun. Percuma juga toh semua telah berlalu. Melihat kepada diri sendiri mungkin lebih baik saat ini. Namun karena hidup ini terlalu singkat untuk ditangisi, saya lebih memilih untuk enjoy the ride. Karena setidaknya saya masih memiliki sisi lain dari hidup ini yang belum tentu orang lain miliki. Bukankah hidup tak harus selalu sama? 

_________________________________
Baca juga:
Categories: ,

19 comments:

  1. Replies
    1. haha iya sih sedih atau bahkan menyedihkan, :p tapi bagus kok. buat motivasi org, baik. hehe

      Delete
  2. ciee curhat~ :D
    bagus ceritanya, mungkin karena ditulis dari hati yaa~ :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan, ditulisnya dari pagi..selesainya sore.. hahah

      Delete
    2. zzzz,,, -_-"
      lama amat nulis dari pagi ampe sore.. :))

      Delete
  3. ceritanya kalah langkah ya, klo lomba lari yang di itung finihsnya bukan starnya jadi mudah2an aja finishnya sempurna :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi :D thanks sob (y) thanks juga dah berkunjung :D

      Delete
  4. Saya lagi merasakannya nih :|

    Masih harus bersabar dalam hal rezeki berupa kerjaan. Sedangkan teman yang lain sudah pada sukses. InsyaAllah DIA memberikan yang terbaik untuk saya.

    ReplyDelete
  5. aku suka kalimat terakhir
    "bukankah hidup tak selalu harus sama??" setuju beudt kak

    , ceritanya mirip ma my old brother. yang tak suka dunia luar...
    tapi, tetep keep fighting didalam :D

    kalau punya waktu senggang silahkan kunjungi blog saya ya kak.
    http://expresiuci.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. Hehehe.. Kayaknya bapak sampean sekarakter bapak di rumah mas. Dulu pernah bilang "aku gak akan maksa-maksa kamu cari kerja", hehehe enteng buanget ya.. Tapi mungkin dari diri kita sendiri mas melakukan sebuah inisaitf untuk bergerak ke arah yang lebih baik. Yah, meski mungkin kita kalah dari sisi materi dari teman-teman sebaya, setidaknya kita masih berada di jalur yang benar kan?

    Enjoy aj mas Yusuf, nikmati hidup dan jangan silau oleh kemilau kanan kiri kita... Sebab anda pun bisa melakukan apa yang tak bisa dilakukan oleh orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe betul uncle, thanks nasihatnya :)
      thanks juga dah mau berkunjung ke sini :D

      Delete
  7. wah kisah hidupmu mirip2 denganku gan..
    hidup itu untuk diperjuangkan,bukan untuk ditangisi..so,yg lalu biarlah berlalu..masa depan masih menanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ternyata senasib sepenanggungan :| maju terus bro

      Delete
  8. berawal dari key word -kartun smartphone- di Google, berujung di blog ini, dan gue baca. Haha, sekarang saya juga pake hape no smartphone kok gan... plus ngga tertarik ama BB sama sekali. Berharap nanti bisa beli smartphone beneran.

    Tapi, apapun keadaan itu, bersyukur aja. Keep moving forward~ Jangan mendahului takdir. Allah kan ngga akan ngasih kita takdir yang jelek kecuali ada pesan di dalamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget :))
      btw jauh banget dari kartun smartphone nyasar kesini :D

      Delete

Go to LFC Indonesia website Go to Liverpool FC website