September 23, 2013


Sumber gambar: artfido.com

Alkisah ada seekor siput yang selalu memandang sinis dan iri terhadap kehidupan seekor katak. 

Suatu hari, katak yang penasaran akan sebab kenapa si siput selalu benci terhadapnya, akhirnya berkata kepada si siput:

“Tuan Siput, apakah saya telah melakukan kesalahan, sehingga Anda begitu membenci saya?”

Siput menjawab: “Kalian, wahai kaum Katak, mempunyai empat kaki dan bisa melompat ke sana ke mari. Bisa pergi ke manapun kalian mau dengan bebasnya. Sementara saya harus membawa rumah cangkang yang berat ini, serta merangkak di tanah. Itu membuat saya menjadi sangat sedih, dan merasa bahwa Tuhan tidak adil.”

Katak menjawab: “Setiap kehidupan memiliki penderitaannya masing-masing, hanya saja kamu cuma melihat kegembiraan saya, tetapi kamu tidak melihat penderitaan kami (kaum katak).” 

Dan seketika, ada seekor Elang besar yang terbang ke arah mereka. 

Siput dengan cepat memasukkan tubuhnya ke dalam cangkang, sedangkan si Katak dimangsa oleh sang Elang.

Pesan moral:
Nikmatilah kehidupanmu, tidak perlu dibandingkan dengan orang lain. Keirian hati kita terhadap kelebihan orang lain hanya akan membawa lebih banyak penderitaan. Lebih baik pikirkanlah apa yang menjadi milik kita sendiri. Hal tersebut akan membawakan lebih banyak rasa syukur dan kebahagiaan bagi diri kita.
_________________________________
Baca juga:
- Hidup Tak Harus Selalu Sama
- Belajar Dari Pohon Kelapa
- Mangkuk Rezeki

Categories: ,

7 comments:

  1. wah bgus bgt nih,pelajaran moral.. jdi inget jaman SD suka di kasi cerita kyk gini :)
    btw,kunjungan balik dri saya sob
    http://media2give.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Pesan moralnya bagus banget sob :)

    Kunjungi blog saya juga sob: http://uwedz.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Nice blog.. Salam blogwalking gan! Cerita-ar.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. - ringtone download free, best ringtone, hot ringtones download free in here
    - tonos para celular - sonidos para celular - tonos para celular gratis

    ReplyDelete

Go to LFC Indonesia website Go to Liverpool FC website