July 11, 2013

Phobia atau yang dalam ejaan bahasa Indonesia disebut fobia adalah rasa takut terhadap sesuatu, baik itu sesuatu itu hewan, tumbuhan, ataupun benda lainnya, baik benda itu menyeramkan ataupun pada dasarnya tidak menyeramkan sama sekali. Contohnya: fobia pada kucing (Ailurophobia), fobia pada wanita (Gynephobia), fobia pada bunga (Anthrophobia), dll. Fobia juga bisa disebabkan karena kondisi atau situasi tertentu seperti fobia pada ketinggian (Acrophobia), fobia pada kegelapan (Achluophobia), fobia pada keramaian (Enochlophobia), dll. Fobia tidak mengenal jenis kelamin, pria dan wanita memiliki chance yang sama untuk mengidap sebuah fobia. Dan khusus dalam tulisan kali ini saya akan membahas tentang Trypophobia. 

Apa itu Trypophobia? Trypophobia adalah rasa takut pada sekumpulan lubang. Seperti lubang-lubang kecil yang terdapat pada tanaman, seperti kepala bunga teratai atau gelembung dalam adonan kue. Bisa juga seperti lubang-lubang pada sarang lebah, atau seperti tonjolan-tonjolan pada kulit seseorang yang terkena penyakit sifilis, atau pada kulit yang terkena luka bakar, yang semua itu mampu menghadirkan trypophobics berupa kegelisahan secara ekstrim, sehingga mampu memicu reaksi seperti merinding, kulit gatal, mual dan perasaan tidak nyaman. Trypophobia bukan fobia resmi yang diakui dalam literatur ilmiah. Bagi sebagian orang yang memilikinya, mereka mungkin tidak menyadarinya sebagai bentuk fobia yang nyata, meskipun sebenarnya mereka merasakan rasa gelisah dan ketidaknyamanan tersebut. Sebagai tambahan, Trypophobia adalah salah satu dari sejumlah ketakutan yang dialami oleh sebagian orang dengan tingkat ketakutan yang berbeda-beda. 

Saya sendiri sengaja tidak menampilkan contoh gambar dari trypophobia karena saya juga penderita trypophobia. Jika anda penasaran ingin melihatnya, sila Go To Google Images kemudian ketik keyword "trypophobia." Jika anda merasakan ciri-ciri yang ada di atas, maka anda sama seperti saya. Ingat ya, kata kuncinya trypophobia bukan typophobia. Kalau typophobia itu fobia/takut akan salah kelik, eh salah ketik maksudnya, duh typo kan :p
Categories: ,

5 comments:

  1. aku pernah search itu di google dan sumpah aku termasuk orang yang kayak gitu -_- seharian ngak bisa makan plus merinding karena jijik dan geli

    ReplyDelete
    Replies
    1. yahh...jangan ditanya itu mah -_- nafsu makan ilang...

      Delete
  2. Boleh info untuk menghilangkan phobianya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo itu saya kurang tau mba, mungkin bisa dgn terapi. mungkin.

      Delete
  3. Saya teriak2 ketika teman saya menyodorkan gambar trrserbut di dpan mata, sblumnya saya melihat gmbar2 tsb di fb, dan lgsung saya buang hp, seiring berjalannya wktu bnyak tmn2 yg jahil, pernah saya pusing sekali dan hampir pinsan, lemes, dan tak beraturan.

    ReplyDelete

Go to LFC Indonesia website Go to Liverpool FC website